Load more

POTENSI PENGEMBANGAN EKONOMI BERBASIS SYARI’AH DI WILAYAH PESISIR TERHADAP BUDIDAYA RUMPUT LAUT DESA BULU-BULU KECAMATAN TONRA KABUPATEN BONE

ABSTRAK

Nama : Ika Elviani
Nim : 10200107029
Semester : IX (Sembilan)
Fak/ Jur : Syariah/ Ekonomi Islam

Skripsi ini berjudul “Potensi Pengembangan Ekonomi Berbasis Syari’ah di Wilayah Pesisir Terhadap Budidaya Rumput Laut Desa Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone “ Potensi pengembangan ekonomi yang berbasis syari’ah di Desa Bulu- Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone sangat besar karena membawa dampak positif di wilayah pesisir tersebut yang dapat mensejahterahkan hidup masyarakat sesuai dengan ajaran/syariat Islam. Namun di dalam pengembangan ekonomi rumput laut yang berbasis syari’ah di Desa Bulu- Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone terkadang menemukan peluang dan tantangan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Dengan demikian dilakukan penelitian untuk mengetahui potensi pengembangan ekonomi syari’ah pada masyarakat serta faktor terjadinya peluang dan tantangan tersebut.

Dalam pengumpulan data, digunakan metode library research yaitu membaca literatur-literatur yang berhubungan dengan landasan teori, di samping itu menggunakan metode field research yaitu memperoleh data dari masyarakat pengelola rumput laut di Desa Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.

Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode induktif dan deduktif.

Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat memiliki potensi yang sangat besar terhadap pengembangan ekonomi yang berbasis syari’ah di Desa Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone karena selain mempermudah untuk melakukan peminjaman modal, masyarakat juga mendapatkan pengetahuan tentang ekonomi yang berbasis syari’ah tersebut. Adapun peluang dan tantangan yang dialami oleh masyarakat khususnya pengelola rumput laut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya keterbatasan modal kerja dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang ekonomi syari’ah.
Download Full SKRIPSI File rar isi rar Type DOC : 
http://www.4shared.com/rar/GfI9dry5ba/14_Plod.html

0 komentar:

Post a Comment