Load more

MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM

MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(Studi terhadap UIN Yogyakarta, IAIN Banjarmasin, dan STAIN Surakarta)
Oleh: Agus Moh. Najib, Ahmad Baidowi, Zainudin

Abstrak

Penelitian ini hendak menunjukkan apakah tiga PTAI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Antasari Banjarmasin dan STAIN Surakarta, sebagai sampel institusi pendidikan, telah mengembangkan pembelajaran yang berwawasan multikultural. Aspek yang dijadikan perwakilan elemen multikultural dalam penelitian ini adalah persoalan identitas, kebebasan berekspresi dan berkeyakinan serta proses pencerdasan. Hasil riset menunjukkan UIN Sunan Kalijaga, secara kelembagaan, menjadi model perwujudan semangat multikultur dengan adanya berbagai lembaga atau pusat studi, baik di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas, yang mendialogkan Islam dengan berbagai realita sosial budaya dan berbagai isu lokal, nasional, regional maupun global yang berkembang. Secara akademik IAIN Antasari menjadi model pembelajaran bagaimana mendialogkan Islam dengan realita sosial budaya yang ada serta apresiasi positif lembaga pendidikan Islam terhadap budaya lokal. Sementara itu, dalam program pengabdian kepada masyarakat, STAIN Surakarta menjadi terdepan dalam penerapan model “KKN transformatif” yang menerapkan PAR dan PRA sebagai ikhtiar memberdayakan masyarakat.

Kata Kunci : Multikulturalisme, Perguruan Tinggi Islam, Transformasi Sosial

Download Full SKRIPSI File Type PDF :
http://www.4shared.com/rar/WfIPBWB4ce/13_Plod.html

0 komentar:

Post a Comment