Load more

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.


ABSTRAK


FAHRUL. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa 45 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 54.16 dengan standar deviasi 14.76. sedang pada Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 71.71 dengan standar deviasi 9.75. Hal ini menunjukkan telah tercapai hasil belajar siswa secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran, kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat. 

0 komentar:

Post a Comment