ABSTRAK
ASNITA 2010, meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII D Smp Negeri 02 Bulukumpa kabupaten yang diajar melalui model pembelajaran pendekatan tutor sebaya penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dengan 4 kali pertemuan dan siklus II dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Bulukumpa kabupaten Bulukumba. Yang berjumlah 29 orang. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis deskriptik kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia kelas VII D SMP Negeri 02 Bulukumpa kabupaten Bulukumba sebesar 23,27. Hal ini dapat dilihat skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia. Siswa yang pada siklus I adalah 53,28 dan hasil pada kategori terendah dengan deviasi 17,74 dan siswa yang tuntas belajarnya 9 orang atau 31,03%. Pada siklus II rata-rata skor hasil belajar bahasa Indonesia meningkat menjadi 76,55 dominasi pada kategori tinggi dengan standar deviasi 9,18 dan siswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 25 atau 82,21%. Disamping itu, data observasi disetiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap siswa kearah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar, keaktifan dan antusias belajar siswa. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Bulukumpa kabupaten Bulukumba.
Download Full SKRIPSI File Type DOC :
0 komentar:
Post a Comment